Kamis, 04 Mei 2017

Mau tahu SELENIUM ???? sangat penting lho untuk kesehatan


Kandungan Selenium yang terdapat di produk Glutera Glutathione Precursors. Selenium berasal dari bahasa latin ‘Saa-lee-nee-am’ yaitu unsur kimia yang mempunyai simbol [Se] dan mineral penting bagi kesehatan manusia. Selenium merupakan zat gizi mikro karena selenium[Se] dibutuhkan dalam jumlah yang kecil di dalam tubuh nah sebab itu  selenium dikelompokkan ke dalam zat gizi mikro.
Walaupun sangat kecil dibutuhkan oleh tubuh  , namun pentingnya  selenium bagi kesehatan sangatlah besar. Nah ini dia manfaat yang bisa kita dapatkan :.
1. Meningkatkan Imun Sitem di dalam  Tubuh
Jutaan bakteri, virus, parasit dan racun di lingkungan kita yang selalu mencari celah untuk menyerang tubuh kita. Tetapi   tubuh memiliki pertahanan yang  kuat untuk  menghancurkan sesuatu yang asing masuk ke sistem tubuh. Yang disebut sistem imun (kekebalan).
Terkadang sistem kekebalan tubuh kita turun  dan peluang  ribuan mikroba masuk utuk menyerang tubuh . Nah disinilah selenium berperan sebagai pelindung tubuh kita dari serangan virus . Selenium merupakan antioksidan yang ampuh untuk penangkal dari radikal bebas.
Selenium memproduksi  enzim kuat disebut glutathione peroksidase, Gunanya adalah untuk detoksifikasi tubuh dari racun. Bila tubuh kita kekurangan selenium  daya tahan tubuh kita akan menurun.
2. Mencegah Penuaan Dini
Selenium juga berguna  melindungi kulit dari polusi misalnya sinar matahari, untuk mempertahankan elastisitas jaringan kulit kita jika kadar selenium berkurang maka tubuh kita  mengalami kerusakan sel (terutama pada kulit) yang menyebabkan penuaan dini.
3. Memperbaiki Mood
Mood adalah suatu  kondisi psikis yang dikendalikan otak. Selenium juga berperan penting untuk mengatur kinerja otak.  Sebuah penelitian  menyebutkan bahwa seseorang yang kekurangan selenium dalam dietnya lebih berpotensi mengalami ‘bad mood’ 
4. Memperkuat Jantung
Peneliti bernama Margaret Karagas dari Cancer Preventation Research yang pernah dimuat dalam jurnal American Assosoation  for Cancer Research (2008) mengemukakan bahwa selenium juga dapat mencegah penyakit jantung dan kanker yang paling utama kanker kulit dan kanker kandung kemih.
5. Meningkatkan Kesuburan Pria
Selenium adalah antioksidan penting untuk  pembentukan sperma dan meningkatkan mobilitas sperma. Mobilitas speram dihubungkan dengan kemampuan sperma lebih cepat menuju sel telur dalam proses pembuahan. Berfungsi juga untuk melindungi kromosom X dan Y, sehingga menurunkan risiko bayi terlahir lahir dengan  cacat.
Sumber utama selenium adalah darimakanan nabati. Kandungan selenium pada makanan tergantung  pada tanah dimana tanaman tersebut tumbuh ataupun di mana hewan dibesarkan. Kandungan Selenium ditemukan juga pada daging, bayam, bawang, ubi jalar dan brokoli.
NAh cukupi kebutuhan tubuh kita akan mineral penting ini juga dapatkan manfaat sehat selenium untuk tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar